Rukma : Menjaga Nilai Luhur Pancasila Adalah Tugas Bersama

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Dewan Perwakilan Rrakyat Daerah Jawa Tengah, Rukma Setyabudi menegaskan menjaga nilai luhur Pancasila sangat penting dan menjaga nilai dan ideologi Pancasila merupakan tanggung jawab bersama.

Rukma menyoroti dimana saat ini generasi muda kurang mengetahui dan belajar Pancasila lahir sebagai ideologi dan pemersatu bangsa. Dirinya berharap generasi muda penerus bangsa ini bisa terus menggali sejarah Pancasila dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai generasi penerus bangsa ini sudah saat belajar lebih dalam tentang sejarah Pancasila, bagaimana bisa terbentuk dan bisa menyatukan perbedaan suku, agama serta ras bisa terbangun membentuk bangsa Indonesia. Jadi tidak hanya mengenal Pancasila sebagai ideologi bangsa saja,” ujarnya

Rukma menambahkan, bahwa nilai pendidikan pancasila juga harus ditanamkan ulang dari tingkat dasar hingga menengah agar nilai kebangsaan lebih melekat karena diajarkan mulai dari tingkat dasar.

Sementara itu, pemerhati politik, Budianto menjelaskan bahwa menjaga ketahanan bangsa bukanlah hal yang mudah dan menjadi tanggung jawab bersama. Lima nilai Pancasila saat itu dirumuskan dan digali para tokoh bangsa agar sesuai seiringnya perkembangan zaman. Tugas saat ini adalah menjaga nilai luhur Pancasila dari faham yang bisa memecah kesatuan bangsa.

“Lima rumusan nilai Pancasila sudah tersusun dengan baik dan sesuai dengan kultur budaya yang bisa dimiliki oleh bangsa. Tugas kita saat ini adalah menjaga dan menjalankan dengan baik faham ideologi pancasila harus tingkatkan rasa saling percaya untuk mengatasi faham radikalis yang bisa merusak tatanan persatuan bangsa,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *