Gedung Kuno BAT Dibongkar Tanpa Izin

SEMARANG (Asatu.id) – Sekretaris Dinas Tata Ruang Kota Semarang, Irwansyah mengatakan bangunan kuno bekas pabrik rokok British American Tobacco (BAT) telah dibongkar tanpa izin dari Pemerintah Kota Semarang.

“Pembongkaran gedung BAT ono hanya berdasarkan izin prinsip yang dikeluarkan oleh DPMPTSP Kota Semarang. Padahal izin tersebut hanya untuk rencana pemakaian gedung,” ujarnya, Senin (28/5).

Berdasarkan izin prinsip tersebut, lanjut dia, diketahui bangunan bekas pabrik rokok BAT akan dibangun mall, hotel dan juga apartemen.

Irwansyah tak memungkiri bahwa bangunan ini sangat penting dalam sejarah kota Semarang. Sebab, bangunan yang dibangun sekitar tahun 1930-an ini telah mewarnai perindustrian kota Semarang.

“Menurut sejarahnya, bangunan di Jalan Pengapon 47 Semarang ini merupakan pabrik rokok BAT, selain yang ada di Cirebon,” tukasnya.

Irwansyah menjelaskan pabrik ini merupakan pabrik pertama di Semarang yang sudah menggunakan mesin. Dari segi bangunan juga memiliki desain yang unik serta gaya arsitek modern, bukan kolonial.

”Secara undang-undang diindikasikan bangunan cagar budaya. Nilai sejarah, keilmuan dan secara teknik struktur itu juga memiliki signifikansi,” bebernya. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *