Pemkot Semarang Segel Gedung Kuno Bekas Pabrik Rokok

SEMARANG (Asatu.id) Sekretaris Dinas Tata Ruang Kota Semarang, Irwansyah mengatakan telah melayangkan surat perintah penyegelan sebuah gedung kuno bekas pabrik rokok British American Tobacco (BAT) yang terletak di Jalan Pengapon Nomor 47, Semarang.

“Setelah surat perintah penghentian pekerjaan pembongkaran (SP4) tidak digubris oleh kepala proyek pembongkaran, pemerintah kota Semarang melalui Distaru kemudian melayangkan surat perintah penyegelan,” ujarnya, Senin (28/5).

Irwansyah menjelaskan gedung kuno bekas pabrik rokok BAT itu belum masuk sebagai bangunan cagar budaya dalam surat keputusan Wali Kota Semarang, tetapi sudah diusulkan setelah dilakukan pengkajian oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dari Pemkot Semarang.

“Artinya, gedung bekas pabrik rokok BAT itu sudah direkomendasikan oleh tim cagar budaya untuk dimasukkan sebagai bangunan cagar budaya. Perlakuannya sama dengan bangunan yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya,” tegasnya.

Irwansyah menuturkan soal kondisi bangunan yang sudah telanjur mengalami pembongkaran di beberapa bagian gedung tersebut, tim cagar budaya akan segera melakukan kajian lebih lanjut.

“Untuk itu kami sudah menggelar pertemuan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Semarang untuk mencari solusi” ungkapnya. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *