Jelang Lebaran, Polda Jateng Awasi Jalur Mudik

SEMARANG (Asatu.id) – Jelang musim mudik Lebaran yang diperkirakan terjadi pertengahan Juni, beberapa jalur menjadi fokus pengawasan Kepolisian Daerah Jawa Tengah mengingat beberapa titk kerap terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Yang rawan itu exit tol Pejagan menuju Pemalang,” ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Sabtu (26/5).

Kapolda menerangkan, pihaknya telah menyiapkan langkah antisipasi guna mencegah terjadinya kecelakaan. Ia menyebut daerah tersebut awalnya adalah lokasi rawan kemacetan. Namun seiring dibangunnya flyover, kecelakaan menjadi cukup sering di tempat itu.

“Mudah-mudahan dengan pembatasan angkutan berat, bisa dikurangi,” imbuhnya.

Antisipasi juga dilakukan di beberapa titik, yakni jembatan layang Kretek, Paguyangan, Bumiayu, Brebes. Seperti diketahui, lokasi tersebut belum lama ini menjadi tempat meninggalnya 12 orang akibat tertabrak truk yang hilang kendali lantaran mengalami overload. Belum lagi laka-laka sebelumnya.

Condro menegaskan rekayasa lalu lintas juga trlah disiapkan demi menghadapi kemungkinan terjadinya kemacetan. Seperti di simpul tol Krapyak, Semarang. Manakala kepadatan terjadi bisa dialihkan ke Gringsing.

“Lalu Gandulan, Pemalang bisa juga kita keluarkan di sana. Tapi seiring dengan itu, kita antisipasi juga jalur masuk Kota Pekalongan,” imbuhnya.

Hal lain, upaya antisipatif adalah penerangan di jalur Pemalang menuju Semarang yang masih diberlakukan sistem fungsional. Oleh karenanya, pihaknya akan menerjunkan mobil-mobil patroli untuk bersiaga demi kelancaran lalu lintas.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *