8 Cara Agar Puasa Tetap Aman Saat Mudik

SEMARANG (Asatu.id) – Mudik merupakan sebuah kegiatan yang kerap dilakukan seseorang saat bulan ramadan. Bahkan moment tersebut menjadi sebuah agenda wajib menjelang lebaran.
Saat mudik, Perjalanan jauh pun kerap dialami seseorang dengan kondisi berpuasa. Baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.
Berbagai persiapan pun harus dilakukan agar semua berjalan lancar.Pastinya kalian juga ingin puasa tetap aman selama melakukan perjalanan.
Berbicara tentang aman atau tidaknya Puasa kamu selama mudik. Dilansir dari hello sehat, berikut adalah 8 cara agar tetap Aman berpuasa saat mudik.
1.Rencanakan Dengan Matang
Kebanyakan Orang mempersiapkan perjalanan jauh dengan cara dadakan. Hanya karena sebuah alasan, menggunakan kendaraan pribadi atau yang lainnya. Biasakanlah untuk merencanakan perjalanan mudik kamu jauh jauh hari. Sehingga semua persiapan sudah benar benar matang.
2. Jaga Kondisi Tubuh (Stamina)
Saat akan melakukan perjalanan jauh, beristirahatlah sebelumnya. Jaga stamina agar nantinya selama perjalanan aman. Terlebih jika kamu harus menyetir . Stamina yang terjaga akan sangat baik untuk perjalananmu dan puasa pun tetap bisa kamu lakukan
3. Penuhi Asupan Cairan
Seperti yang kita ketahui, kebutuhan air dalam tubuh kita sangat banyak.Kamu bisa memenuhinya dengan cara minum air putih secara teratur setiap harinya. Sehingga kamu tidak akan dehidrasi saat melakukan perjalanan jauh. Puasa pun tetap bisa dilakukan selama perjalanan jauh
4.Mulai Perjalanan di Malam Hari
Perjalanan malam hari, membuat kamu tidak akan lelah saat perjalanan. Selain habis buka puasa, malam hari juga membuatmu terhindar dari teriknya sinar matahari. Sehingga energi kamu tetap terjaga.Dan keesokannya, kamu masih tetap bisa berpuasa
5.Sedia Obat obatan
Seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan. Saat kamu akan melakukan perjalanan jauh, kamu pun perlu mempersiapkan obat obatan. Hal tersebut akan sangat membantu saat kamu merasa pusing dan butuh obat. Kamu tak perlu pusing dan kebingungan harus kemana saat membutuhkannya.
6.Bawa Makanan Untuk Buka
Saat mudik, macetnya jalanan dan ramainya tempat makan tidak akan bisa kamu hindari. Dengan membawa makanan untuk berbuka, kamu tidak akan kelaparan. Dan satu masalah bisa kamu atasi. Yaitu tak perlu mengantri untuk bisa berbuka puasa.
7.Perhatikan Barang Bawan
Kondisi yang sedang berpuasa,sering kali membuat konsentrasi seseorang menurun. Kemudian seringkali lupa akan barang bawaannya.Meski begitu, alangkah baiknya kamu tetap memperhatikan barang bawaanmu. Kamu bisa mensiasatinya dengan cara meletakkan didekat kamu saat menggunakan kendaraan umum. Atau dengan cara memberi nama pada barang bawaanmu
8. Beristirahatlah Saat Lelah
Keinginan untuk segera sampai di kampung halaman, terkadang membuat seseorang tak mempedulikan kondisi badan. Beristirahatlah saat kamu merasa lelah. Sehingga perjalanan kamu tetap aman dan kamu tidak perlu membatalkan puasa
Itulah 8 Cara yang bisa kamu lakukan agar puasa kamu tetap aman saat melakukan perjalanan jauh. Tidak hanya puasa yang aman, kesehatan dan kondisi tubuh kamu juga akan tetap terjaga. (Lasmie)
17

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan