4 Cara Hindari Dahaga saat Puasa

SEMARANG (Asatu.id) – Saat puasa, menahan haus atau dahaga merupakan tantangan terberat ketimbang menahan lapar. Kurangnya asupan nutrisi saat puasa, menyebabkan tubuh mudah kekurangan cairan. Ditambah cuaca terik yang menambah munculnya gejala dehidrasi.

Agar tidak mengalami dehidrasi, tubuh butuh asupan air. Namun selama puasa, seseorang tidak bisa menerima asupan air sampai waktunya buka puasa tiba. Selama proses itu, haus menjadi masalah tersendiri bagi kita yang sedang berpuasa.

Dilansir dari Hello Sehat, ada empat cara untuk menghindari rasa haus saat puasa.

1.Saat Sahur Perbanyaklah makan Buah dan Say

Banyaknya jenis sayur dan buah yang ada di sekitar kita, tentunya banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain bikin sehat, sayur dan buah ternyata dipercaya mampu mengatasi rasa haus. Kadar Air yang tinggi pada buah dan sayur tentu dengan cepat bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Jauhi Makanan Pedas

Kalian suka makanan pedas, saat bulan puasa alangkah baiknya hindari makanan itu.Pasalnya makanan pedas lebih cepat membuat orang haus. Dari pada harus mencari air atau minuman segar lainnya setelah makan, alangkah baiknya jika tidak makan pedas dulu.

3. Kurangi Penggunaan Garam Dalam Masakan 

Mengkonsumsi terlalu banyak garam, membuat seseorang semakin cepat haus. Banyaknya garam dalam makanan juga membuat mulut kering. Oleh karena itu, sebaiknya batasi penggunaan garam saat puasa. Selain untuk menahan dahaga, bisa juga mencegah hipertensi.

4. Saat Sahur, Pilihlah Minuman yang Mengandung ION

Seperti yang kita ketahui, air memegang peranan penting bagi tubuh. Bahkan, air juga mampu membantu menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, perbanyaklah minum air putih saat sahur.Kemudian pilihlah minuman yang mengandung ION saat berbuka. Minuman ION dipercaya mampu mengikat cairan di dalam tubuh lebih lama, sehingga mencegah terjadinya dehidrasi.

Itulah empat trik atau cara jitu untuk menghindari haus atau dahaga saat bulan puasa.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *