10 Tips Ampuh Usir Kantuk dan Lemas di Kantor Saat Bulan Puasa

Semarang (Asatu.id) – Menjalankan ibadah puasa sambil bekerja tentu bukan hal yang mudah. Apalagi bagi para pekerja, baik yang sering berada di luar kantor ataupun yang berada di belakang meja.

Rasa kantuk dan lemas yang mulai semakin terasa di siang hari bisa menghambat produktivitas Anda saat bekerja. Beberapa banyak yang memilih untuk mengkonsultasikan hal ini kepada dokter dan ahli gizi. Tak perlu cemas, Anda dapat melakukan beberapa tips mudah yang ampuh usir kantuk dan lemas. Coba contek caranya dan tetap giat bekerja hingga waktu berbuka.

  1. Buat daftar lagu upbeat

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir kantuk dan menaikkan semangat. Coba Anda pilih lagu-lagu favorit yang punya tempo cepat untuk menaikkan adrenalin dan membuat hati lebih gembira. Menurut riset, pilihan musik upbeat akan menstimulasi otak dan membuat tubuh menjadi lebih bersemangat.

  1. Lakukan olahraga kecil

Coba Anda lakukan gerakan-gerakan ringan di meja kerja yang bisa membuat tubuh lebih fit. Anda hanya membutuhkan waktu selama 10 menit saja. Lakukan gerakan seperti senam leher agar otot leher tidak kaku seharian menatap layar monitor, lanjut gerakan senam tangan dan lemaskan otot pinggang dengan gerakan sederhana memutar pinggang ke kanan dan ke kiri.

  1. Jalan-jalan ke luar

Rasa kantuk yang menyerang bukan karena menahan puasa saja tetapi bisa juga karena Anda merasa jenuh dan bosan. Coba mengusirnya dengan berjalan-jalan ke luar sejenak. Tak perlu waktu lama, manfaatkan 10 menit sambil menyapa dan bertukar kabar dengan rekan kerja yang berada di ruangan lain. Asalkan Anda tidak menggangu rekan kerja maka cara ini bisa sangat efektif membunuh kebosanan.

  1. Merapikan meja

Salah satu cara ini dianggap cukup ampuh untuk mengusir kantuk dan lemas. Pasalnya, meja kerja yang berantakan juga dianggap menjadi salah satu pemicu Anda tidak bersemangat. Walaupun tengah berpuasa, jika meja kerja dalam keadaan rapi maka Anda terdorong untuk lebih produktif.

  1. Bercanda dan tertawa

Ya, tertawa dapat membuat rasa kantuk hilang. Banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai mengajak bercanda rekan kerja dengan membahas lelucon yang tengah ramai. Atau sekadar menonton video lucu selama 10 menit. Pilih video stand up comedy show yang membuat hati Anda lebih gembira karena ikut tertawa.

  1. Ganti posisi duduk

Mengubah posisi duduk bisa jadi solusi untuk mengusir rasa kantuk. Coba ganti posisi misalnya berdiri sebentar lalu duduk kembali atau menyilangkan kaki. Anda juga bisa melihat pemandangan yang berbeda dengan mengubah arah meja yang ada.

  1. Aromaterapi

Mencium bau wangi-wangian seperti aromaterapi bisa menstimulasi tubuh. Pilih wewangian yang mampu membangkitkan semangat dan membuat kantuk pergi jauh. Coba pilih aroma therapy dengan bau seperti lemon atau rosemary yang disebut bisa meningkatkan daya ingat dan membuat sakit kepala hilang serta peppermint yang bisa membuat Anda lebih bisa berkonsentrasi dengan baik.

  1. Kumpulkan informasi tentang spot liburan impian

Mendistraksi lemas dengan mengumpulkan informasi soal spot liburan impian. Walaupun Anda belum memiliki rencana matang untuk berlibur, coba pilih dulu destinasi favorit dan kumpulkan informasi serta foto-fotonya yang bisa membuat mata berbinar dan rasa kantuk pun menjauh.

  1. Main games

Walaupun riskan karena dianggap tidak profesional tetapi Anda membutuhkan waktu hanya 10 menit untuk mengusir kantuk dengan bermain games. Usahakan permaianan yang Anda pilih pun tidak menggangu rekan kerja yang lain. Berikan alarm sebagai pengingat agar Anda tidak kebablasan main games lebih lama.

  1. Power Nap

Beberapa perusahaan besar sudah mulai menerapkan kegiatan power nap saat istirahat siang. Ruangan untuk tidur singkat pun bahkan disediakan. Anda cukup meluangkan waktu istirahat selama 20 menit hingga 30 menit untuk tidur siang singkat. (Swieta Ingred Hapsari)

32

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan