Antisipasi Kenaikan Harga Sembako Selama Ramadan, TPID Jateng Gelar OP dan GSHP

SEMARANG (Asatu.id) – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah menggelar Operasi Pasar (OP) dan Gerakan Stabilisasi Harga Pangan (GSHP) serentak dimulai dari tanggal 16 Mei 2018 hingga  H+7  Idul Fitri 1439 Hijriyah, di 20 pasar di wilayah Kabupaten Kota se-Jawa Tengah.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok yang kerap terjadi menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Penyelenggaraan Operasi Pasar dan GSHP ditandai dengan pelepasan 19 truk berisi komoditas Operasi Pasar dan GSHP oleh Plt. Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujatmoko.

Sektretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah selaku Ketua TPID Provinsi Jateng, Sri Puryono mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dalam pemenuhan kebutuhan pokok menjelang bulan puasa Ramadhan karena TPID akan selalu melakukan upaya upaya untuk menjaga harga-harga pangan agar tetap stabil dan mudah dijangkau.

“Kami lakukan operasi pasar ini supaya bagaimana masyarakat itu mudah memperoleh akses pangan murah dan berkualitas, sehingga pasokan harga pangan terkendali dan harga juga terkendali,” ujar Sri Puryono, Rabu (16/5).

Sementara itu, Plt Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko menanbahkan, dengan OP ini bisa memberikan ketenangan bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok menjelang ramadhan.

Selain Operasi Pasar dan GSHP, TPID Provinsi Jawa Tengah bersama Satgas Pangan Polda Jawa Tengah akan terjun langsung ke pasar-pasar untuk memantau pasokan dan mengawal kestabilan harga pangan.

Heru juga berpesan agar masyarakat tidak berlebihan dalam berbelanja memenuhi kebutuhannya dalam bulan ramadhan. Menurut Plt, jika masyarakat berlebihan dalam berbelanja, maka masyarakat berbuat asosial

“OP pasar iya dan anjuran warga untuk belanja secukupnya juga iya. Pengusaha juga jangan sampai melakukan penimbunan. Jika kita berbelanja berlebihan. Berarti kita itu berbuat asosial. Dan itu membuat sengsara bagi masyarakat yang berpenghasilan sedikit dan tidak tetap,” tukasnya.

Pelepasan OP tersebut juga disaksikan oleh Sekda Jawa Tengah, Kapolda J awa Tengah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Kepala Bulog Divre Jawa Tengah dan beberapa Pimpinan OPD anggota TPID Provinsi Jawa Tengah. (is)

 

 

26

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan