Jangan Lewatkan! Karnaval Dugderan Wali Kota Semarang akan Naik Kereta Kencana

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Masdiana Safitri mengatakan pada rangkaian karnaval Dugderan yang akan digelar Selasa siang ini (15/5), Wali Kota Semarang akan menaiki kereta kencana dan berperan sebagai pemimpin pertama Kota Semarang, Kanjeng Bupati Raden Mas Tumenggung Aryo Purboningrat.

“Nantinya arak-arakan akan dimulai pukul 12.00 WIB dan peserta pawai akan menuju Masjid Kauman Semarang dilanjutkan ke Masjid Agung Jawa Tengah,” terangnya.

Di kedua masjid tersebut, lanjut dia, akan ada banyak kegiatan. Diantaranya pembagian roti ganjel rel, pembacaan Suhuf Halaqoh sebagai tanda masuknya Bulan Ramadan.

“Makna dan filosofi roti “Ganjel Rel” ini adalah supaya dalam menghadapi dan memasuki bulan Ramadhan dalam menjalani ibadah puasa bisa menerima secara ikhlas. Tidak ada ganjalan,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, di Masjid Kauman, Wali Kota Semarang juga akan memukul bedug berbunyi ‘dug’ dan diiringi suara meriam berbunyi ‘der’ sebagai tanda dimulainya puasa. Dari bunyi bedug dan meriam itulah awal tradisi ini disebut Dugderan. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *