Festival Banjir Kanal Barat Digelar Meriah

SEMARANG (Asatu.id) – Bunyi genderang ditabuhkan secara simbolis di Festival banjir kanal Barat 2018 yang telah resmi dibuka pada Sabtu (11/5) malam di sepanjang jalan Madukoro, Kawasan Semarang Indah.

Festival rutin tahunan yang sudah digelar kali keenam oleh Pemerintah Kota Semarang ini dikunjungi penuh sesak oleh pengunjung dari warga Semarang hinnga berbagai daerah.

Ratusan stand mulai dari kuliner hingga produk kerajinan tangan dari peserta UMKM unggulan Kota Semarang turut meriahkan helatan tersebut dalam Semarang Introducing Market 2018.

Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada penyelenggaraan kali ini, Pemkot Semarang tak lagi menerbangkan lampion. Karena alasan keamanan, kegiatan menerbangkan lampion diganti dengan melarung lentera di sepanjang sungai Banjir Kanal Barat, Kota Semarang.

Selain itu, tak ketingalan sejumlah kurang lebih 36 perahu hias didesain berbagai macam bentuk-bentuk unik seperti bebek, bunga teratai, ikan, masjid,kapal pesiar dan banyak lagi. Ornamen lampu warna warni yang dipasng di atas perahu menambah riuh suasana bantaran Sungai Banjir Kanal Barat pada malam itu.

Sekda Kota Semarang Agus Riyanto yang hadir mewakili Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan Festival rutin tahunan yang diselenggarakan ke enam kalinya di Kota Semarang.

“Festival Banjir Kanal Barat merupakan salah satu potensi Kota Semarang yang kita gali adalah kekayaan topografinya karena Kota Semarang merupakan salah satu kota terunik di Indonesia karena memiliki topografi yang lengkap, mulai dari pantai, dataran rendah, perbukitan, hingga waduk,” ujarnya.

Agus mengungkapkan salah satunya juga ini, Kota Semarang memiliki sungai besar melintas di area perkotaan, yaitu Sungai Banjir Kanal Barat dan TImur yang mana ini menjadi sebuah potensi wisata besar bagi Kota Semarang.

“Untuk itu kawasan ini perlu dikembangkan potensinya dan dikelola bersama tidak hanya oleh Pemerintah Kota Semarang saja namun oleh segenap warga Kota Semarang, sehingga Kota Semarang menjadi semakin maju dan hebat,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Jateng Urip Sihabudin, Kepala Dinas Pariwisata Kota Semarang Masdiana Safitri, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang Litani Satyawati beserta segenap jajarannya. Serta hadir Bupati dan Wali Kota di wilayah Kedungsepur serta seluruh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM se Jateng.

20

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan