Upaya Penuhi Target, Dinas Perdagangan Launching E-Retribusi

SEMARANG (Asatu.id) – Bekerja sama dengan Bank Jateng, Dinas Perdagangan Kota Semarang melaunching penarikan retribusi secara online (E-Retribusi), Jumat (11/5).

Kegiatan yang dipusatkan di Pasar Pedurungan itu dihadiri Kepala Dinas Perdagangan Fajar Purwoto, Koordinator Bank Jateng Cabang Semarang Siti Ulfa, Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan & Kesra Ayu Entys Wahyu Lestari, Danramil dan Kapolsek Pedurungan, serta sejumlah perwakilan pedagang.

Kepala Dinas Perdagangan Fajar Purwoto mengatakan, dalam penerapan E-Retribusi ini, Pemkot Semarang, dalam hal ini Dinas Perdagangan menggandeng dua perbankan, yakni Bank Jateng dan BNI.

“Mulai saat ini penarikan retribusi pasar dilakukan secara nontunai. Dengan penerapan sistem ini, kami optimistis mampu meraih pendapatan dari sektor retribusi pasar senilai Rp 30 miliar rupiah di tahun 2018 ini sesuai target yang dibebankan. Selain Bank Jateng, kami akan menggandeng Bank BNI,” katanya.

Dengan sistem ini, lanjut Fajar, nantinya para pedagang tidak perlu berlama-lama membawa uang atau repot-repot pergi ke bank. Sebab dengan mekanisme ini nantinya petugas retribusi dari dinas perdagangan akan membawa alat dari perbankan dan mendatangi para pedagang untuk ditarik biaya rutin retribusi.

“Para pedagang akan dibekali sebuah kartu khusus atau E- Money yang memiliki saldo uang. Mereka tinggal menempelkan kartu miliknya ke alat dan secara otomatis saldo akan terpotong sendirinya,” kata Fajar.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *