Besok, Camat Semarang Barat Deklarasikan ODF

SEMARANG (Asatu.id) – Camat Semarang Barat, Sumarjo akan menyelenggarakan kegiatan ODF (open defecation free/stop buang air besar sembarangan), di halaman kecamatan,  Rabu (9/5).

Sumarjo mengatakan kegiatan ODF ini untuk menjaga pola hidup sehat masyarakat dengan tidak buang air besar sembarangan. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat yang memiliki rumah agar membuat sepiteng.

“Deklarasi ODF (stop buang air besar sembarangan di kelurahan sudah mulai dilaksanakan Januari lalu dan 16 kelurahan di semarang barat sudah melaksanakan semua,” kata Sumarjo kepada Asatu.id, di kantornya, Selasa (8/5).

Menurut Sumarjo, deklarasi ODF terakhir yang akan dilaksanakan di halaman Kecamatan Semarang Barat, Rabu besok (9/5), rencananya  , akan dihadiri Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan seluruh aparat Kelurahan Semarang Barat.

Dia berharap deklarasi ODF ini bisa menjadi mementum masyarakat untuk terus menjaga pola hidup sehat.  Dengan pembuatan sepiteng, lingkungan sekitar pembuangan tinja menjadi bersih,  sehingga tidak terkontaminasi oleh bibit-bibit penyakit, seperti mikroba, materi organik, telur cacing, dan nutrien (senyawa nitrogen dan fosfor yang dibawa sisa-sisa protein dan senyawa yang mati).

“Imbauan kami soal pola hidup sehat ini selaras program Dinas Kesehatan Kota Semarang. Sudah saat, masyarakat Semarang mengubah pola hidup dengan tidak membuang air besar sembarang tempat,” tandasnya. (Dicky Setiawan)

 

126

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan