Jelang Puasa, DPRD Minta Pemkot Bisa Jamin Ketersediaan Pangan

 

SEMARANG (Asatu.id) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Wiwin Subiyono meminta pemkot memerhatikan persediaan kebutuhan pokok masyarakat menjelang datangnya bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1439 H. Jangan sampai saat kebutuhan masyarakat meningkat justru ada kelangkaan barang sehingga bisa memicu kenaikan harga di pasaran.

“Pemkot wajib memantau persediaan harga kebutuhan pokok masyarakat, baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Pemkot juga harus memastikan stok pangan, mulai di gudang pemerintah atau Bulog hingga persediaan di masyarakat,” ujar Wiwin dalam dialog interaktif di Hotel Getz Semarang, Senin (7/5).

Menurut Wiwin, kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat yang biasa terjadi menjelang puasa dan Lebaran, harus diantisipasi sedini mungkin. Dengan demikian tidak sampai menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Itu bagian dari tanggung jawab pemerintah. Aelain itu pemerintah juga wajib menyiapkan langkah antisipasi jika terjadi kelangkaan misalnya dengan operasi pasar,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Wiwin menuturkan, pengalaman selama ini, kenaikan harga terjadi karena kebutuhan masyarakat yang meningkat saat puasa dan lebaran. Dan itu fenomena tersebut sudah umum dan biasa terjadi. Namun hendaknya dilakukan antisipasi sehingga tidak sampai menimbulkan gejolak harga di pasaran.

“Waktu seperti sekarang ini, kenaikan harga biasanya tidak bisa dihindari. Maka saya berharap, kalaupun harga naik ya kenaikannya wajar, sehingga tidak membebani masyarakat atau menimbulkan inflasi yang tinggi,” tambah Wiwin Subiyono. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *