Masyarakat Bisa Laporkan Jalan Rusak Lewat Aplikasi SIPU

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminudin mengatakan DPU telah meluncurkan aplikasi Smart Infrastruktur Pekerjaan Umum (SIPU), Jumat (4/5).

Saat ini, masyarakat sudah bisa mengunduh aplikasi Smart Infrastruktur Pekerjaan Umum (SIPU) di Google Play Store.

“Setelah diunduh dan terpasang di perangkat, masyarakat dapat menggunakannya untuk melaporkan sejumlah keluhan yang ada,” ujarnya.

Iswar menjelaskan cara penggunaan aplikasi SIPU tersebut terkait keluhan masyarakat seperti adanya jalan rusak, tumpukan sampah, saluran air dan yang lainnya.

“Misalnya ada jalan rusak bisa langsung difoto saja dan kirim melalui aplikasi tersebut, maka akan langsung diketahui tempatnya dan petugas kami akan segera meluncur ke lokasi untuk melakukan perbaikan,” paparnya.

Untuk menindaklanjuti tiap laporan yang diterima, lanjut dia, sudah dipersiapkan lebih dari 700 personil lengkap dengan peralatan dan materialnya. Ketika ada laporan, maka petugas-petugas di lapangan itu akan langsung terjun melakukan perbaikan.

“Jadi tidak perlu lama lagi seperti dulu, saat ada jalan rusak masyarakat buat laporan ke lurah, camat dan ke dinas. Nanti ada disposisi-disposisi, maka akan lama. Dengan aplikasi ini, cukup foto, kirim dan langsung ditindaklanjuti,” tegasnya.

Meski baru diluncurkan, lanjut dia, sudah banyak masyarakat yang mengakses aplikasi itu. Dalam beberapa hari terakhir, tidak kurang 40 laporan dari masyarakat dalam sehari yang masuk ke pihaknya.

“Semuanya sudah diproses, ada beberapa yang langsung dapat ditangani dan selesai seketika, ada yang memang membutuhkan waktu karena kerusakan cukup parah. Intinya dengan aplikasi ini maka pelayanan kami mengenai keluhan kerusakan infrastruktur semakin cepat,” ungkapnya. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *