Pemprov Jateng Terus Dorong ’Sport Tourism’

SEMARANG (Asatu.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus gencar mengembangkan sektor pariwisata Jateng. Sport Tourism (pariwisata olahraga) dinilai menjadi salah satu agenda, gelaran paling efektif dalam meningkatkan pariwisata Jateng.

Kepala Dinas Kepemudaan, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Urip Sihabudin mengatakan Sport Tourism diakuinya memang sangat efektif untuk mengembangkan potensi pariwisata Jateng

“Untuk pemassalan, sport tourism memang sangat efektif. Apalagi sport turism yang berhubungan dengan run, bike, itu luar biasa. Apalagi sekarang ini kita dituntut untuk di dua hal, yakni kualitas dan kuantitas. Kita tidak bisa tidak sport turism ini tetap kita dorong,” ujarnya, Rabu (2/5).

Urip menambahkan, saat ini sudah sangat banyak usulan terkait even sport tourism. Namun demikian, pihaknya menerangkan usulan-usulan tersebut masih harus dilakukan penyaringan.

“Kemarin itu banyak usulan, seperti tour de temple, tour de java. Sekali lagi karena banyaknya usulan sport turism, maka yang siap dulu yang kami eksekusi. Seperti tour de marathon sudah oke, tour de Borobudur sudah oke, mountain run ini juga sudah siap, kemudian triathlon juga sudah siap. Jadi ada empat yang sudah siap. Untuk tour de temple, tour de java dn lain-lain ini masih berjuang keras lah terkait sponsor dan sebagainya,” imbuhnya.

Terkait jumlah wisatawan yang sudah berkunjung ke Jateng, Urip menyebutkan, untuk wisatawan nusantara sudah mencapai 40,1 juta jiwa yang berkunjung ke Jateng. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, dari target 1,2 juta jiwa, saat ini sudah mencapai 600.000 wisman berkunjung ke Jateng.

“Artinya tinggal kurang lebih 700.000. Dan kami optimis angka tersebut tercapai di tahun ini,” tukasnya. (is)

 

6

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan