Ida Ingin Budaya Ketoprak Harus Terus Eksis

SEMARANG (asatu.id) – Calon wakil gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah mengatakan, Eksistensi seni budaya ketoprak perlu dijaga, sehingga keberadaannya tetap terjaga.
Selain itu Ida menambahkan, dari ketoprak, masyarakat bisa belajar nilai-nilai kearifan, maupun kepahlawanan.
Hal tersebut disampaikannya saat hadir dalam sedekah laut di Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, baru baru ini.
“Budaya kita jauh luar biasa. Kita bisa belajar tentang kepahlawanan. Bukan malah mencari Doraemon dari Jepang,” ujarnya.
Atas dasar itu, lanjut Ida, sudah semestinya pemerintah memberikan fasilitasi. “Budaya-budaya luar Indonesia sudah banyak masuk. Tentu kita harus mempertahankan budaya yang kita miliki,” imbuhnya.
Dirinya pun memuji Pati sebagai daerah yang luar biasa karena memberi kesempatan pada generasi muda untuk bisa nikmati budaya yang luar biasa pula.
“Pati ini sumbangkan budaya ketoprak yang tidak sedikit. Yang saya dengar ada 35 grup ketoprak yang sampai sekarang masih eksis,” paparnya.
Keberadaan grup-grup ketoprak itu, lanjut Ida, bisa menjadi bagian untuk mengenalkan budaya kepada generasi penerus. “Tanpa ini, siapa yang akan mengenalkan? Grup-grup ini sudah menjadi bagian melestarikan budaya yang ada,” ucapnya tegas.
19

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan