Bapokting Jateng Jelang Idul Fitri, Aman!

SEMARANG (Asatu.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya agar komoditas bahan pokok penting (Bapokting) di Jawa Tengah tidak melampaui harga eceran tertinggi (HET) menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2018.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah Arif Sambodo mengatakan Disperindag akan bekerja sama  dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menjaga bahan pokok sesuai HET.

“Kita juga akan bekerja sama dengan Bulog kalau memang  dibutuhkan operasi pasar. Kita juga bekerja sama dengan asosiasi terkait untuk menjaga stok atau ketika stok itu dijual sesuai HET,” ujarnya usai Rakorda Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bapokting Jelang Puasa dan Idul Fitri, Kamis (26/4).

Sementara itu, Staf Khusus Kementrian Pergadangan Bidang Hubungan Antar Lmbaga dan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana menambahkan, koordinasi antarstakeholder sangat dibutuhkan dalam menentukan kebijakan agar bahan pokok di Jateng, khususnya terus sesuai HET.

“Sejauh ini terkait harga baik laporan atau melihat langsung tadi, kita belum perlu untuk intervensi lebih jauh. Hanya kemudian upaya koordinasi tetap penting untuk memutuskan keputusan dalam suatu harga. Untuk itu kita berkordinasi dengan pemerintah kab/kota, asosiasi pelaku usaha, satgas pangan dan Bulog,” bebernya.

Eva memprediksi, suplay bahan pokok penting di Jateng aman hingga Idul Fitri tahun ini. “Operasi pasar dilakukan ketika ada kenaikan harga imbas dari suplai yg menurunn. Sejauh ini kita lihat suplai aman, normal tercukupi, dan stok bagus sehingga ahrga pun stabil,” tukasnya. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *