Enam Calon DPD Sudah Daftar KPU

SEMARANG (Asatu.id) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah yang sekaligus Ketua Tim Penerimaan  Syarat Dukungan Calon DPD, Hakim Junaidi mengatakan, saat ini sudah ada 6 calon DPD yang mendaftarkan diri untuk DPD Jateng periode 2019-2024.

“Untuk tahapan penyerahan dokumen dukungan kita buka dari 22-26 April. Kita tampung dulu, lalu setelah itu kita akan lakukan tahap penelitian administrasi,” ujarnya, Rabu (25/4).

Dia menyebutkan, nama nama calon yang sudah mendaftar antara lain, Drs H Ahmad Niam Syukuri, Mujiburohman, Agus Mujayanto, Denty Eka Widi Pratiwi SH MH, H Naibul Umam Eko Sakti.

“Dan yang tadi pagi, Gusti Kanjeng Raden Ayu Koes Indriyah,” imbuhnya.

Ia menambahkan, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jateng harus mempunyai sekurangnya 5 ribu dukungan masyarakat yang tersebar di minimal 18 kabupaten/kota se-Jateng.

“Untuk anggota DPD, sesuai PKPU No 14 Tahun 2017, karena DPT terakhir Jateng itu lebih dari 15 juta, jadi syarat dukungan sekurangnya 5.000 dan tersebar di 18 kab kota,” katanya.

Hakim menjelaskan, dukungan tersebut dibuktikan melalui e-KTP atau surat keterangan yang menyatakan domisi di jateng.

“Syarat dukungan sejumlah minimal tersebut dan harus tersebar di minimal 18 kabupaten/kota itu satu kesatuan. Tidak bisa sendiri-sendiri,” tukasnya. (is)

 

42

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan