Demo Balaikota: Hentikan Pencemaran Lingkungan!

SEMARANG (Asatu.id) – Ratusan karyawan PT Petropack Agro Industries menggelar demo di depan Balaikota Semarang, Jalan Pemuda, untuk menuntut ditutupnya PT Havindo Pakan Ternak Optima yang diduga mencemari lingkungan masyarakat sekitar,  Rabu (25/4).

Para pendemo datang ke Balaikota menggunakan empat unit bus dengan pengawalan aparat kepolisian. Mereka juga membawa spanduk, poster yang berisi tuntutan mereka.  Di antara poster-poster tersebut bertuliskan “Pencemaran Lingkungan= Kejahatan”, “Hama Kau Bina!  Warga Dilema”,  “Tegakkan SK Pencabutan Ijin Lingkungan”.

Sementara di depan peserta aksi disiapkan mobil bak terbuka yang lengkap diisi peralatan sound system bagi perwakilannya untuk melakukan orasi.

Dalam orasinya,  Koordinator Lapangan Michels Roland Zoro mengatakan, sudah secara nyata PT Havindo Pakan Optima dalam melakukan usaha dan atau kegiatan industri ransum makanan hewan di Kawasan Industri Candi Blok 11 C,  Kelurahan Bambankerep,  Ngaliyan sama sekali tidak memikirkan akibat dari kegiatan industri terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Kegiatan produksi PT Harvindo Pakan Optima sangat terdampak pada masyarakat sekitar pabrik. Limbah pabrik dan bau yang menyengat nyata-nyata telah mencemari lingkungan dan menggangu kesehatan masyarakat sekitar..

“Adapun tuntutan dalam aksi kami pertama, segera tutup dan Hentikan Kegiatan Industri PT Havindo Pakan Optima dan kedua Hentikan Pencemaran Lingkungan,” ujarnya.

Ditambahkannya,  pihaknya beserta masyarakat sekitar Kawasan Industri Candi telah melakukan upaya hukum terkait adanya pencemaran lingkungan hidup yang dilakukan PT Havindo Pakan Optima.

Upaya tersebut, lanjut dia, telah direspon dan ditindaklanjuti oleh Pemkot dengan keluarnya Surat Keputusan Wali Kota Semarang, seoerti SK Nomor.660.1/3183/B.IV/VI/2017 tentang Pengenaan Sanksi Administrasi Lingkungan Hidup kepada Pimpinan PT Havindo Pakan Ternak Optima tertanggal 8 Juni 2017.

Namun terbitnya SK wali kota tersebut sama sekali tidak diindahkan maupun dilaksanakan PT Havindo Pakan Optima. (is)

88

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan