4 A Dalam Pariwisata Perlu diterapkan Maksimal

SEMARANG (Asatu.id) – General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Ardhy Wahyu Basuki mengatakan jika pihaknya terus berbenah. Dalam program ke depan, dermaga sandar kapal cruise akan diperdalam menjadi 12 meter bahkan nantinya menjadi 15 meter.

Hal ini untuk mengantisipasi sandarnya kapal cruise yang besar dan panjang. Selama ini, pernah ada cruise yang tidak bisa merapat dan harus menurunkan penumpang agak ke tengah.

“Ini memakan biaya lagi karena harus mengangkut turis asing dengan kapal shuttle. Tentu akan semakin enggan mereka singgah di Semarang karena harus nambah biaya lagi,” tuturnya saat mengisi diskusi bertajuk Memorable Experience in Semarang, Selasa (24/4).

Ardhy mengungkapkan hal utama untuk menarik wisatawan asing singgah lebih lama di suatu kota adalah tidak melupakan 4 A yakni Attraction (daya tarik), Accesability (aksesibilitas), Amenities (fasilitas), dan Ancillary (kelembagaan).

Menurutnya di Semarang attractionnya masih kurang, untuk itu untuk menambah daya tarik untuk menetap lebih lama di Semarang perlu dibentuk semacam atraksi yang menarik.

“Di Semarang, accesibility udah oke, amenities udah oke, apalagi ancillary juga udah oke. Bentuk attractionnya yang masih kurang, padahal itu hal utama kalau kita mau tarik wisatawan asing,”ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, tidak bisa mengandalkan kekayaan alam saja namun mengemas daya tarik itu dengan mengkombinasikan antara budaya, sejarah, legenda dan kuliner.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *