Konsumen Jangan Terlena dengan Perkembangan e-Commerce

SEMARANG (Asatu.id) – Berkembangnya internet membuat perdagangan melalui online terus berkembang. Diprediksi perdagangan digital atau (e-commerce) akan terus mengalami peningkatan.

Kepala Disperindag Jawa Tengah, Muhammad Arif Sambodo mengatakan, dengan berkembangnya e-commerce saat ini diharapkan konsumen tidak terlenakan dengan sistem perdagangan barang dan jasa secara online tersebut.

“Transaksi lewat online ini kan sebagai memutus mata rantai perdagangan yang dianggap panjang. Harapannya konsumen itu tidak terlena dan kemudian kehilangan haknya sebagai konsumen,” ujarnya, Senin (23/4).

Dia menjelaskan, hak hak konsumen antara lain, hak konsumen untuk paham terhadap produk barang dan jasa yang dikonsumsi, apakah barang itu aman, nyaman, sehat, ramah lingkungan.

Lalu hak dia sebagai pemilik. Artinya sesuai dengan kemampuan keuangnya maupun produk yang tersedia. Kemudian, hak untuk tidak dilakukan berbeda atau diskriminasi.

“Keempat, hak bagaimana dia memperoleh ganti rugi jika produk atau jasa merugikan dia. Dan yang kelima hak mendapatkan sosialisasi, atau mendapatkan informasi terkait barang atau jasa yang dikonsumsi. Itu hak-hak konsumen yang diatur dalam UU perlindungan konsumen,” imbuhnya. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *