280 Mahasiswa Fikkes Unimus Ucap Janji Profesi

SEMARANG (Asatu.id) Sebanyak 280 mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Universitas Muhammadiyah Semarang menggelar capping day atau ucap janji.

Rektor Unimus, Masrukhi menuturkan upacara ucap janji menjadikan momentum meningkatkan semangat dan pemahaman terhadap tugas pokok dan fungsi sebagai perawat dan bidan yang akan terjun ke tengah-tengah masyarakat.

“Momentum ucap janji sebaiknya dijadikan pijakan untuk meningkatkan performa sebagai seorang perawat dan bidan. Sebagai tenaga kesehatan juga harus memegang janji yang sudah di ucapkan antara lain dengan selalu memegang rahasia yang pasien,” kata Masrukhi, Rabu (18/4).

Ucap janji menjadi titik awal mahasiswa menapaki tahapan berikutnya praktik klinik di berbagai institusi kesehatan dan terjun langsung di masyarakat.

“Saat praktik di klinik nanti mahasiswa akan berhadapan langsung dengan masyarakat. Jangan lupa ketika bertugas jangan meninggalkan nilai keislaman dan keagamaan,” imbuh Masrukhi.

Pada prosesi ucap janji, mahasiswa membacakan janji yang berisi kewajiban yang harus dilaksanakan dan ditepati oleh mahasiswa dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Janji tersebut antara lain janji untuk tidak membedakan pasien, mengutamakan pasien dan memegang semua rahasia pasien.

“Prosesi ucap janji di saksikan oleh rohaniawan dan Dekan Fikkes. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemasangan penutup kepala/cap (bagi mahasiswa perempuan) dan pemasangan pin secara simbolis oleh ketua program studi,” papar Musrukhi.

Kegiatan ucap janji dan kuliah umum ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Program Studi Keperawatan dan Kebidanan dalam rangka menghantarkan mahasiswa memasuki lahan praktik.  Melalui kegiatan ini Unimus berharap kelak dapat mencetak perawat dan bidan profesional yang unggul dalam keilmuan, ketrampilan dan keislaman. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *