Gubernur Lemhannas RI: Jadilah Agen Perubahan

SEMARANG (Asatu.id) – Nilai-nilai dan wawasan kebangsaan merupakan syarat mutlak yang harus senantiasa dijaga demi menjaga keutuhnya NKRI. Selain itu, pemahaman dan implementasi nilai-nilai kebangsaan merupakan pondasi utama untuk menghadapi tantangan global saat ini.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo saat memimpin Upacara Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Bagi Birokrat, Akademisi, Tokoh Masyarakat, TNI dan Polri di Semarang Provinsi Jawa Tengah Lemhanas RI Tahun 2018 di Semarang, Selasa (17/4).

“Kita terus berupaya menanamkan nilai-nilai kebangsaan melalui pembekalan materi tentang empat konsensus dasar bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI serta paradigma nasional berupa wawasan nusantara, ketahanan nasional, kemaslahatan nasional, dan kepemimpinan nasional,” ujarnya.

Terkait apa yang diharapkan, Agus menerangkan, agar para peserta Lemhanas hari ini bisa menjadi agen-agen pembaruan dalam peningkatan pendalaman pemahaman dan implementasi nilai-nilai kebangsaan. Ini menjadi penting karena untuk menghadapi tantangan masa depan seperti penurunan mentalitas yang menyangkut disiplin, budaya, etos kerja, moral, etika serta nasionalisme dan patriotisme.

“Karena sebenarnya kemajemukan dan keberagaman suku, budaya, bahasa, ras, etnis, golongan dan agama di Indonesia ini merupakan kekayaan yang dapat menjadi warna tersendiri dalam pembangunan bangsa,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Jawa Tengah Drs Heru Sudjatmoko menambahkan, pemantapan nilai-nilai kebangsaan di Jateng harus senantiasa dilakukan, terlebih Jateng disebut sebagai bentengnya Pancasila.

“Apabila kita mengaku sebagai bentengnya Pancasila, maka tidak cukup hanya dengan pernyataan atau retorika, tetapi jarus diwujudkan tentunya,” imbuh mantan Bupati Purbalingga.

Setuju dengan yang disampaikan Agus, Heru juga berharap agar peserta yang mendapat pembekalan Lemhannas juga bisa menyebarkan nilai nilai kebangsaan di daerah masing masing untuk menjaga keutuhan NKRI. (is)

 

48

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *