Rukma : Ayo Ciptakan Pilkada Bermartabat dan Berbudaya

SEMARANG (Asatu.id) – Budaya saling menghargai dan menghormati yang dimiliki masyarakat Jawa Tengah diharapkan mampu menjadikan Pilkada 2018 lebih bermartabat dan berbudaya.

Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi mengatakan budaya saling menghargai dan menghormati yang dimili Jateng adalah anugrah yang harus disyukuri. Dimana kentalnya budaya tersebut belum tentu dimiliki daerah lain.

“Pilihan itukan sesuai nurani masing-masing. Tetapi yang paling penting adalah jawa tengah kita ini,” ujarnya, Senin (16/4).

Rukma menambahkan, siapapun nanti yang menjadi pemimpinnya, jateng harus tetep aman nyaman damai dan bisa lebih maju. Rakyat bisa semakin sejahtera. “Saya rasa kalau kita saling menghormati jateng akan lebih sejahtera,” imbuhnya.

Budayawan, Prie GS menambahkan, sebenarnya dalam masyarakat sendiri budaya berpolitik merupakan sudah merupakan naluri.

“Setiap masyarakat memiliki panggilan politiknya yang sudah naluriah. Kita ini kan tak bisa tanpa pemimpin. Jadi kalau politik ini sepi ini gak masuk akal. Tapi, keramaian pesta politik ini harus menjadi produktif untuk suatu daerah, dan menjadi keluhuran bukan malah perpecahan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menerangkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sampai ke pelosok desa dan di sekolah-sekolah untuk bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Bagi KPU, kesuksesannya buka hanya diukur dari jujur dan adil saja, namun tingkat partisipasi masyarakat juga menentukan hasil akhir,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *