Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia Gelar Gathering Nasional

SEMARANG (Asatu.id) Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI) gelar gathering nasional dan kontes sugar glider, di Aula B Gedung Dikjur, Jl. Brotojoyo 1 Semarang (14-15/4).

Chandra Jenny Mojo, Pembina KPSGI menuturkan kontes ini bukan cuma mencari yang terbaik. Tapi juga memberikan edukasi bagi para penggemar sugar glider.

“Siapa pun yang memiliki hewan itu, asal sehat dan tidak cacat, bisa berpeluang menjuarai lomba. Yang pasti, tidak ada batasan umur di dalam penilaiannya,”ujarJenny, Minggu (15/4).

Sugar glider atau possum layang adalah binatang asli Indonesia. Yang dapat dijumpai di Papua, Papua Nugini, dan Australia. Binatang ini makhluk nocturnal (aktif pada malam hari) dan arboreal (hidup di pepohonan).Sugar Glider merupakan pemakan buah manis dan bisa tumbuh sempurna di dalam kantong.

“Jenis sugar glider sendiri ada 30 jenis sekarang ini,  Wajah sugar glider mirip dengan tupai yang monyong tapi sugar  glider itu pesek, mukanya rata. Kelebihan lain dari hewan ini adalah bisa mengenali pemiliknya,” jelas Jenny.

Jenny yang merupakan ketua juri dalam lomba ini. Ia menekankan, lomba yang bekerja sama dengan Reptil Inc (penjual reptil) ini bukan ajang pamer dan bukan milik komunitas tertentu.

“Setiap peserta akan diberi edukasi, baik dari komunitas maupun praktisi medis yang juga bertindak sebagai juri. Setiap anggota KPSGI diajari beternak sugar glider sekaligus menjaga populasinya,” imbuh Jenny.

KPSGI sendiri sudah berdiri sejak tahun 2011 degan 19 regional dimana anggota berjumlah ribuan yang tersebar di seluruh Indonesia. (is)

40

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan