Mulai 1 Juli, Penghayat Kepercayaan Dapat E-KTP

SEMARANG (Asatu.id) – Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullah mengatakan Kementerian Dalam Negeri akan mengeluarkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el) khusus untuk para penghayat kepercayaan.

“Semua penganut aliran penghayat akan mendapatkan e-KTP mulai 1 Juli nanti, begitu arahan dari bapak Presiden,” ujarnya di Semarang, Kamis (12/4).

Selain perubahan di KTP, lanjutnya, juga akan ada perubahan di Kartu Keluarga (KK). Perubahan KK juga akan dilakukan pada tanggal 1 Juli nanti.

“Perubahan data di dalam KTP maupun KK dapat dilakukan di masing-masing Kantor Catatan Sipil atau Kantor Kecamatan. Mulai Mei bisa mengurus dengan mengisi perubahan data penduduk,” imbuhnya.

Terkait perubahan, Zudan menerangkan, perubahan tersebut ada di kolom agama diganti dengan kepercayaan namun tidak menyebut nama organisasi penghayat kepercayaan.

“Jadi nanti tidak mencantumkam nama organisasinya. Cuman kolom itu tertulis kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ucapnya.

Lebih jauh lagi, ia menuturkan pihaknya bersama Disdukcapil seluruh Indonesia telah mendata ulang jumlah penghayat.

“Data terbaru menunjukan jumlah komunitas penghayat mencapai 138 ribu,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *