Soal Cacat, 196 SMA Lakukan UNBK Ulang

SEMARANG (Asatu.id) Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA diwarnai gangguan berupa kecacatan soal. Akibatnya 196 SMA yang tersebar di delapan kabupaten/kota di Jawa Tengah terpaksa melakukan UNBK ulang di hari yang sama.

Kecacatan soal UNBK ini setidaknya terdapat 350 hingga 40 poin soal pada pelajaran matematika yang tidak muncul pada pelaksanaan UNBK hari kedua sesi pertama.

Sekertaris Musyawarah kerja kepala Sekolah (MKKS)  Jawa Tengah, Wiharto membenarkan adanya permasalahan tersebut.

“Terjadinya kecacatan soal itu terdapat di sekolah yang masih menggunakan perangkat komputer dengan operation System (SO), hal itu terjadi akibat masih menggunakan SO versi lama,” ujar Wiharto yang juga Kepala Sekolah SMA 3 Semarang, Rabu (11/4).

Akibat SO versi lama dan belum diinstal ulang, sehingga ada sebagian sol yang tidak terbaca, tidak lengkap, bahkan tidak bisa diakses.

Wiharto menambahkan gangguan telah teratasi dengan sinkronisasi ulang oleh proktor/teknisi yang telah disiapkan oleh masing-masing pihak sekolah.

“Akibatnya sebanyak 196 SMA yng tersebar di delapan kabupaten dan kota Jawa Tengah terpaksa melakukan UNBK ulang pada sesi berikutnya di hari yang sama,” imbuh Wiharto.

Meskipun pelaksanaan UNBK berlangsung hingga malam hari, pihaknya mengaku masalah kecacatan soal tidak sampai menggagalkan pelaksanaan ujian. (is)

 

 

46

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan