Selasa Kliwon Udinus Gelar Sarasehan Budaya Jawa

SEMARANG (Asatu.id) – Universitas Dian Nuswantoro Gelar Sarasehan Budaya Jawa Selasa Kliwon,  dengan menampilkan Electronic Gamelan (E-Gamelan)
Acara tersebut digelar sebagai cara memaknai UU no 5/2017 tentang kebudayaan sebagai alat mengembangkan dan nguri-uri budaya Jawa.
“Di Indonesia khususnya di Jawa, gamelan mendapatkan tempat khusus dan menjadi warisan dari Kerajaan Yogyakarta dan Surakarta lebih dari seribu tahun. Namun pada era modern kesenian gamelan mulai terkikis dikalangan generasi muda dan aparatur pemerintah,” ujar Wakil Rektor I Udinus Supriyadi Rustad, Selasa (10/4)
Kebudayaan jawa memiliki gagasan, nilai, keyakinan dan sikap yang tersirat maupun tersurat selalu menjadi pedoman dan sikap masyarakat jawa.
“Nilai kepemimpinan juga tertanam dalam kebudayaan jawa terkandung dalam surat Rama Yasadipura II dengan konsep Astra Brata yang harusnya menjadi pedoman bagi generasi muda era sekarang,” jelasnya.
Menurut Rustad Udinus telah mengimplementasikan nilai-nilai kebudayaan jawa dan meletarikan kesenian asli jawa yang makin luntur. Namun dengan adanya E-Gamelan yang diciptakan oleh Udinus menjadi spirit baru bagi kesenian jawa dan kesenian lainnya.
“Inovasi Udinus sangat bagus dan menjadi terobosan agar anak muda mencintai kembali kebudayaan jawa. Berharap dengan kembali menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan jawa dapat menciptakan tatanan kehidupan,” pungkas Rusta.

21

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan