UPGRIS Gelar Pelatihan Bahasa Indonesia untuk Orang Asing

SEMARANG (Asatu.id) – PLB LPP Universitas PGRI Semarang bersama Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Jateng (APPBIPA) Jateng menyelenggarakan pelatihan pengajaran BIPA tingkat madya bertema “Penyusunan materi ajar BIPA”.

“Ketika kebebasan bekerja di luar negeri sudah diterapkan, terutama di wilayah Asia tenggara, Indonesia juga harus siap menyiapkan diri untuk melatih tenaga asing berbahasa Indonesia. Mereka yang bekerja di Indonesia harus bisa berbahasa Indonesia,” kata Rektor UPGRIS Muhdi, Selasa (10/4).
Menurut Muhdi, Bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam rangka menjadikan Indonesia sebagai negara besar di dunia. Kondisi ini, lanjut dia, harus dimaksimalkan agar ketika ada warga asing yang datang ke Indonesia, masyakat sudah siap untuk mengajarkan materi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing kepada mereka.

Dia menilai Bahasa Indonesia untuk penutur asing sangat perlu untuk menyambut kehadiran orang asing di Indonesia. Untuk itu, Indonesia harus siap mengajari mereka untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

“Harus ada regulasi yang jelas agar peraturan terkait penerapan Bahasa Indonesia untuk penutur asing diatur dan diterapkan secara maksimal. Masyarakat Indonesia pun harus menguasai betul Bahasa Indonesia, agar bisa mengajar dengan tepat,” tegas Muhdi. (is)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *