Mahasiswa UPGRIS Lolos Olimpiade MIPA

SEMARANG (Asatu.id) – Kuartriani Rahmatunisa, mahasiswi Pendidikan Fisika semester 6 UPGRIS, lolos tingkat nasional Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) mewakili Kopertis Wilayah VI, untuk bidang studi fisika.

Ernawati Saptaningrum, Ketua Program studi Pendidikan fisika UPGRIS menuturkan  resep keberhasilan menjadi mahasiswa berpretasi.

“Membangun prestasi akademik diantaranya memberikan jumping task pada perkuliahan. Merangsang mahasiswa dengan penugasan perkuliahan yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Sehingga mahasiswa termotivasi  dan tertantang menyelesaikan,” ujar Erna, Sabtu (7/4).

Pada bidang non akademik mahasiswa bisa dengan cara memberikan ruang dan mendorong mahasiswa untuk mengekspresikan bakat-bakat dan potensi mahasiswa melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan melaului Himpunan Mahasiswa (Hima) Program studi Fisika.

Sementara itu Kuartriani mengatakan selama satu tahun mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi On MIPA ini. Lima bulan terakhir, dibantu pembimbing dalam belajar.

“Tiap malam, sehabis mengaji di rumah, biasanya saya baca buku-buku fisika sampai malam. Dan alhamdulilah, saat mengerjakan saya hampir menguasai semua, meski susah-susah juga soalnya,” kenang perempuan kelahiran Bogor, 26 april 1996.

Selama proses belajar, Kuartriani dibantu banyak teman, senior, dan pembimbing. Untuk proses diskusi materi, biasanya dia meminta bantuan teman-teman dan kakak seniornya di Himpunan Mahasiswa Fisika.

“Saat dirasa sudah bingung, dia pun tak segan-segan bertanya kepada dosen-dosen pembimbingnya, yaitu Joko Saefan dan Ummi Kaltsum Terutama untuk materi yang menurut Kuartriani dirasa sulit, seperti fisika statistik dan Mekanika quantum. Namun Kuartriani bertekad untuk bisa memenangkan On MIPA tingkat nasional,” pungkas Kuartriani.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *