Dinas Perdagangan Kaget, Lima Kios Pasar Wonodri Disertifikatkan Pemilik

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Perdagangan Kota Semarang merasa heran dan kaget, 5 kios di Pasar Wonodri ternyata bersertifikat. Kasus itu diketahui di sela-sela proses pembongkaran pasar, Jumat (6/4).

“Tentu saja temuan ini sangat mengejutkan, sebab semestinya kios pasar adalah aset pemkot. Aneh kalau pedagang bisa memiliki sertifikat,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto.

Menurut Fajar, temuan lima kios yang disertifikatkan itu terdiri dari empat sertifikat Hak Milik (HM) dan saty sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB). Temuan di lapangan ini diakui Fajar sangat mengejutkan pihaknya.

Fajar yang memimpin proses pembongkaran pasar, mengaku sudah menemui pemilik kios bersertifikat itu.

“Mereka mengaku siap jika pemkot mau membeli kios mereka. Tapi kamu juga akan menelesuri terlebih dahulu terkait adanya kios bersertifikat di pasar tersebut. Sebab, pasar merupakan aset Pemkot Semarang yang seharusnya tidak mungkin muncul sertifikat apalagi sertifikat Hak Milik,” tuturnya.

Dalam melakukan penelusuran, lanjut Fajar, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Bagian Hukum dan Bagian Aset Setda Kota Semarang. Dari penelusuran ini diharapkan posisi dan status kios yang memiliki sertifikat itu akan jelas.

“Secara kasat mata sangat jelas itu masuk dalam aset pemkot,’’ tegasnya,” tegas Fajar.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *