Keren, Tol Semarang Demak Jadi Tol Pertama Sekaligus Tanggul Laut

SEMARANG (Asatu.id) –  Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan Tol Semarang-Demak akan menjadi jalur tol pertama yang sekaligus tanggul laut.

“Jadi, keren nih. Pertama kalinya ada di Semarang. Kami diminta melakukan beberapa perubahan peruntukan di situ,” kata wali kota sesuai membahas persoalan teknis rencana tata ruang wilayah dan pembangunan jalur tol Semarang-Demak  dengan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto ,di Balai Kota Semarang, Jumat (6/4).

Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini mencontohkan kawasan yang semula rawa tidak mungkin dikembangkan menjadi tambak lagi jika sudah dibendung tanggul laut, demikian pula permukiman nelayan yang juga harus ada perubahan.

Intinya, lanjut dia, harus ada sisi ekonomi yang menarik di wilayah itu agar setelah jadi jalan tolnya bisa berkembang lebih cepat, misalnya, ada lahan yang tadinya tambak diminta sebagai kolam retensi atau polder.

“Ada juga nanti perubahan yang tadinya tambak, rawa, jadi perumahan, atau apapun itu,” tukasnya.

Hendi menambahkan supaya pada saat pembangunan jalan tol selesai, bisa melakukan percepatan meningkatkan aktivitas ekonomi.

“Yang jelas, kita akan melihat hasilnya. Nanti tugas kami akan melakukan penyesuaian tata ruang,” katanya. (is)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *