Hari Ini, DKP Jateng Gelar Makan Bersama Produk Ikan Makarel

SEMARANG (Asatu.id) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Tengah akan menggelar demo mengolah dan makan bersama produk ikan makarel, di Area Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Jateng, Kedungmundu, Jumat ini (6/4).

“Kita akan gelar makan produk ikan makarel bersama. Mulai dari mengolahnya sampai makan bersama-sama di Area Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Jateng, Kedungmundu,” ujar Kepala DKP Jateng Lalu M Syarifadi, Kamis (5/4).

Menurut Lulu, tujuan kegiatan itu untuk memberikan informasi bahwa produk ikan makarel di Jateng aman.

“Jadi ini sebagai ajakan atau contoh kepada masyarakat agar terus membudidayakan gemar makan ikan. Juga sebagai informasi kepada masyarakat bahwa ikan makarel di Jateng ini aman. Jadi bukan malah kemudian menjauhi atau bahkan tidak mengonsumsi ikan lagi,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, saat ini tingkat konsumsi ikan masyarakat Jateng hanya 26,71 kilogram per kapita per tahun. Padahal, tingkat konsumsi ikan nasional mencapai 43 kilogram per kapita per tahun.

“Karena itu, produksi makanan olahan ikan dan gerakan sosialisasi makan ikan harus lebih digalakkan. Karena salah satu keberhasilan daerah adalah pemenuhan gizi bagi masyarakatnya. Dan Ikan ini sumber gizinya banyak,” imbuhnya.

Terkait adanya penemuan cacing berjenis anisakis, pihaknya mengaku DKP Jateng juga telah melakukan uji lab terhadap beberapa sampel produk ikan makarel berbeda merk dan hasilnya negatif.

“Sebetulnya kami kaget dengan itu, tapi sebenarnya dalam pengolahan dan pengalengan produk ini kan melalui beberapa standarisasi karena produk-produk ini kan sudah kelas dunia. Semestinya cacing ini lebur, karena proses stim yang sampai diatas 100 derajat dan pemanasan yg kurang lebih 4 jam,” ucapnya. (is)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *