Gerombolan Kera Serbu Kampus Unika

SEMARANG (Asatu.id) – Kawanan kera ekor panjang yang biasa berada di Hutan Wisata Tinjomoyo, masuk ke pemukiman dan area kampus Universitas Katolik (Unika) Soegijapranoto Semarang. Kera-kera tersebut diperkirakan turun untuk mencari makan.

Penjaga Gedung Pastoral Unika Soegijapranoto, Agus mengatakan kawanan kera itu sekali datang biasanya berjumlah sekira 20 ekor. “Ada yang berukuran besar, ada juga yang menggendong anak,” ujarnya, Senin (2/4).

Kera-kera tersebut mulai terlihat di area kampus sejak sebulan terakhir, namun paling banyak hari ini.

Agus mengungkapkan kera-kera tersebut mengambil dan merusak pohon pisang yang sudah berbuah. “Sempat ada yang masuk ke ruangan juga dan mengambil makanan yang ada di meja,” jelasnya.

Rekan Agus, Nina mengungkapkan ketakutan karena kera-kera tersebut juga sempat berupaya membuka pintu.

“Engsel pintu itu ditarik-tarik, tapi kera itu tidak bisa membuka,” ucapnya. Sejak melihat ada kawanan kera, semua pintu dan jendela ditutup rapat.

Sementara Suparno, penjaga Hutan Wisata Tinjomoyo, mengungkapkan kera-kera tersebut sering keluar hutan untuk mencari makanan.

“Jumlahnya mungkin ada sekitar 200 ekor. Mereka keluar hutan untuk mencari makan jika biji-bijian di dalam hutan mulai susah dicari,” paparnya.

Suparno mengatakan luas hutan Tinjomoyo sekira 57 hektare. “Biasanya cuma di dalam. Keluar hingga gerbang cuma sesekali,” jelasnya. Meski begitu, Suparno juga sering mendapat laporan dari warga sekitar hutan kalau kera-kera tersebut berada di pemukiman.

“Tapi selama ini kera-kera tersebut hanya mencari makanan. Belum pernah ada laporan sampai menyerang manusia,” ucap Agus.

Kera-kera Tinjomoyo, lanjutnya, cenderung pasif dan hanya melihat manusia beraktivitas. Mereka hanya mengincar makanan. (is)

 

 

29

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan