Anggota DPRD Sosialisasikan UHC di Puskesmas Ngesrep

SEMARANG (Asatu.id) – Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Sugihartono hadir dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya program universal health coverage (UHC) yang dilakukan Pemkot Semarang.

Kegiatan yang dikemas dalam acara Sosialisasi Jaminan Kesehatan Semesta Universal Health Coverage (UHC) itu berlangsung di Puskesman Ngesrep, Kamis (29/3).

Selain Sugihartono, ikut hadir dalam kegiatan itu Kepala Puskesmas Ngesrep dr Ahnaf, perwakilan dari Dinkes Kota Semarang Indrayanti, Kepala Kelurahan Ngesrep, Sumurboto dan Tinjomoyo, serta perwakilan Forum Kesehatan Kelurahan (FKK),  kader PKK, LPMK dan undangan lainnya.

“UHC itu ibarat kartu sakti di bidang kesehatan. Program ini tidak gratis, tetapi dibayari pemkot. Siapa pun warga Kota Semarang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan lewat program ini,” kata Sugihartono.

Politikus Partai Demokrat itu mengimbau masyarakat untuk segera memanfaatkannya, dengan cara mendaftar ke Puskesmas induk yang ada atau ke kantor Dinas Kesehatan.

“Caranya mudah, tinggal menunjukkan KTP dan kartu keluarga, pasti dilayani. Program ini tidak hanya untuk warga yang tidak mampu. Warga yang mampu pun boleh asal sudah ber-KTP Kota Semarang minimal 6 bulan. Hal-hal lain yang berkaitan dengan program UHC ini bisa minta penjelasan ke petugas Puskesmas atau Dinkes,” tutur Sugihartono.

Menurut Sugihartono, pihaknya siap membantu pemkot, dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat. Sosialisasi di Puskesmas Ngesrep merupakan yang ke 32 dari rencana 37 kegiatan sosialisasi di puskesmas induk se-Kota Semarang.

Di akhir acara, Sugihartono secara simbolis menyerahkan kartu UHC kepada tiga kepala kelurahan, yaitu Lurah Tinjomoyo Dewi Meriyana, Lurah Ngesrep Sapto Dwi Karnadi dan Lurah Sumurboto Muhamad Ediyono.

 

36

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan