BP3TKI Jateng: Pemulangan TKI dalam Proses

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jawa Tengah Suparjo mengatakan, saat ini pemerintah Malaysia sedang dalam proses memulangkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tertahan dua bulan lebih di Imigrasi Malaka.

“Sudah dalam tahap proses pemulangan. Dan saat ini proses tersebut diurus oleh Konsulat Jenderal (Konjen) Negara Bagian Johor Baru,” ujarnya, Rabu (28/3).

Dari sejumlah 73 TKI yang berasal dari Jateng itu, yakni Purworejo, Klaten dan Kebumen 23 orang di antaranya memiliki berkas izin kerja dan kontrak kerja yang sesuai alias tak menyalahi aturan.

Sehingga akan dikembalikan ke kilang Dominant Electronic di Depot Machap Umboo atau tempat kerja para TKI tersebut.

“Tidak menutup kemungkinan sisanya akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing apabila izin kerja mereka tak sesuai aturan,” imbuhnya.

Sutarjo menambahkan, bahwa proses pemulangan akan dilakukan percepatan dari pihak kedutaan. Dimana mereka akan dibebas karena tidak bersalah. Menurutnya, yang salah dalam konteks ini adalah perusahaan jasa TKI-nya.

Dirinya juga berharap supaya pihak PJTKI yang memberangkatkan ke Malaysia lekas memberikan hak para TKI tersebut.

Seperti diketahui, pada Januari lalu sebanyak 103 TKI tertahan Malaysia akibat adanya kesalahan pada penempatan lokasi kerja. Diantara ratusan TKI tersebut, 73 orang di antaranya berasal dari Purworejo, Klaten dan Kebumen. (is)

 

 

25

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan