BPOM akan Razia Sarden Bercacing

SEMARANG (Asatu.id) – Pengaduan masyarakat atas merebaknya sarden bercacing mendapat respon positif Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Semarang. Untuk menghindari hal-hal yang bisa membahaya konsumen, BPOM dalam waktu dekat ini akan melakukan razia sarden bercacing.

“Kami merespon pengaduan masyarakat soal sarden bercacing. Kami akan segera melakukan razia,” kata Kepala Seksi Layanan Konsumen BPOM Kota Semarang, Novi Ekorini kepada Asatu.id, Selasa (27/3).

Novi mengatakan BPOM secara maksimal akan menekan masuknya produk tak layak konsumsi, seperti sarden yang diduga bercacing, yang saat ini diresahkan masyarakat.

Dia  membenarkan sarden yang mengandung cacing gilig itu pertama kali ditemukan di Riau berdasarkan aduan dari masyarakat setempat.

“Kami sedang menurunkan tim pemantau khusus untuk mengecek peredaran sarden yang dimaksud, apakah sudah masuk di Jawa Tengah atau belum. Karena kandungan cacing dalam makanan kaleng seperti sarden tentu sangat rentan membahayakan kesehatan para konsumen,” tambah Novi Ekorini.

Ia mengaku siap menindak tegas apabila para produsen sengaja memperjualbelikan sarden yang mengandung cacing gilig.

“Kami akan melakukan penarikan produk-produk makanan kaleng yang mengandung cacing. Penindakan akan dilakukan bersama BKPIM. Jika terbukti, kami membekukan izin importir sekaligus menindak produsen makanan olahan kaleng,” tegasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *