Karnaval Ogoh-Ogoh Jadi Serasa di Bali

SEMARANG (Asatu.id) – Meski hujan, ruas jalan mulai dari Titik Nol hingga Balai Kota Semarang dipadati ribuan warga Kota Semarang dan wisatawan asing yang datang melihat karnaval seni budaya lintas agama dan pawai Ogoh-ogoh, Minggu (25/3).

Sejak pukul 14.00 hingga 17.00 WIB, karnaval menyedot perhatian warga dengan berbagai atraksi seni pawai ogoh-ogoh berwujud raksasa. Meskipun berparas menyeramkan, namun ogoh-ogoh tetap menjadi daya pikat warga dan wisatawan asing untuk berfoto selfie.

Salah satu penonton Putri menyampaikan, bahwa dirinya baru pertama kali menyaksikan karnaval seni tahunan tersebut.

“Kebetulan kerja di Semarang dan baru pertama kali melihat. Karnavalnya seru, meriah, rame jadi serasa di Bali. Aku berharapnya sih bisa lebih tertata lagi, kalau bisa dikasih tempat khusus waktu nonton karnaval lintas agama dan pawai Ogoh-Ogoh agar lebih nyaman,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Semarang, Nengah Wirta Darmayana menjelaskan, festival tersebut bukan hanya rangkaian acara umat Hindu semata.

“Sebenarnya tidak ada kaitannya secara langsung dengan Hari Raya Nyepi, namun festival ini sudah menjadi agenda tahunan pariwisata Kota Semarang juga. Salah satu tujuannya guna menjalin kerukunan antar umat beragama,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, ada dua tujuan lain dengan digelarnya festival lintas agama dan pawai ogoh-ogoh itu.

“Pertama untuk mewujudkan kesenian-kesenian baru di Semarang dengan menampilkan budaya dari berbagai daerah ini. Kemudian juga untuk meningkatkan potensi pariwisata di Kota Semarang,” pungkasnya.

Karnaval seni yang sudah digelar kali ketujuh oleh Pemerintah Kota Semarang bersama umat Hindu Semarang dan sekitarnya ini berjalan lancar dan aman hingga akhir acara. Sebagai penutupan dimeriahkan pertunjukan seni tari dan pagelaran drama Rahwana Galau oleh Sanggar Tari Saraswati pimpinan Wayan Jaya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *