Kelurahan Tambakaji Canangkan Pengelolaan Bank Sampah

SEMARANG (Asatu.id) – Kelurahan Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan melakukan pencanangan/peresmian pengelolaan bank sampah. Pencanangan dilakukan oleh Kepala Kelurahan, Maskoni SH di balai kelurahan setempat, Kamis (22/3).

Hadir pada acara itu Kasi Perencanaan Pembangunan Kecamatan Ngaliyan Yusdi Dwiyantoro yang mewakili camat, Kepala Puskesmas Tambakaji, Tim Penggerak PKK dan Forum Kesehatan Kelurahan (FKK), unsur LPMK, BKM, FKKT, Babinsa dan Babinkamtibmas serta para Ketua RW.

Lurah Maskoni menyatakan, pengelolaan bank sampah sudah menjadi program prioritas kelurahan, disamping kegiatan masyarakat yang lain. Ia meminta setiap unsur warga di Kelurahan Tambakaji mau peduli dan tanggap akan keberadaan sampah di lingkungannya.

“Warga lingkungan RW bisa aktif mengelola sampah, sehingga disamping bisa menjadikan lingkungan bersih juga menghindarkan lingkungan dari berbagai penyakit. Sampah bisa menimbulkan masalah, tetapi juga bisa mendatangkan keuntungan jika dikelola dengan biak,” kata Maskoni.

Lurah Maskoni berharap, tiap RW bisa membentuk kelompok masyarakat pengelola sampah. Sampah tidak harus dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA), tetapi bisa dilakukan pemilahan untuk menghasilkan nilai ekonomis bagi masyarakat.

“Pengelolaan sampah yang baik akan meminimalisir bahkan menghilangkan virus penyebab timbulnya berbagai penyakit yang diakibatkan lingkungan yang kumuh. Menjaga lingkungan adalah tugas kita bersama,” tuturnya.

Maskoni mengajak semua lapisan penggerak masyarakat yang dipimpinnya untuk menjadikan Kelurahan Tambakaji menjadi yang terbaik dan lebih hebat dari wilayah lain, terutama dalam pengelolaan sampah.

“Saya sangat berharap pengelolaan sampah di Kelurahan Tambakaji nantinya bisa menjadi percontohan di wilayah Kecamatan Ngaliyan,” imbuhnya. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *