Ajari Wirausaha, Akpelni Latih Pengelasan Remaja

SEMARANG (Asatu.id) – Akademi Pelayarana Nasional Indonesia (Akpelni) telah melaksanakan kegiatan pelatihan ketrampilan dan kewirausahaan yang dikhususkan kepada generasi muda usia produktif.

Pelatihan meliputi pemaparan tentang teknologi pengelasan, pelatihan teknik pengelasan, pemotongan plat, dan penyuluhan tentang keselamatan kerja. Kegiatan ini juga memotivasi pemuda yang belum memiliki pekerjaan tetap, untuk dapat membuka usaha pengelasan. Acara berlangsung di RW 03, Kwasen Lama, Desa Pongangan, Kecamatan Gunung Pati.

Kegiatan pengabdian yang diketuai oleh Santhi Wilastari ST MT dari Akpelni tersebut, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti CV Lulus Jaya Powerindo sebagai tempat pelaksanaan pelatihan dan Akademi Teknik Perkapalan (ATP) Veteran Semarang yang menjadi instruktur praktek pengelasan.

Humas Akpelni Eko Nur Hidayat, mengatakan, untuk tema pelatihan adalah pengelasan. Alasan pengambilan tema tersebut dikarenakan Akpelni sebagai lembaga pendidikan Maritim/Pelayaran salah satu pekerjaan di kapal yaitu reparasi berupa pengelasan, proses pengelasan dan hasil pengelasan melalui tahapan yang ketat dan prosedural. ”Alasan lain, memberikan kesempatan membuka usaha pengelasan yang dipandang memiliki prospetif yang baik,” katanya, Rabu (21/3).

Untuk meringankan biaya dan mendorong pemuda mau belajar dan berwiraswasta di bidang pengelasan, pada kesempatan ini pula diserahkan seperangkat modal usaha untuk membuka usaha las berupa 3 unit mesin las inverter, alat potong/Gerinda, Bor, Elektrode dan perlengkapan keselamatan. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Program Studi Teknika Akpelni Ali Khamdilah, MA kepada sesepuh/perwakilan ketua RW 03, Azari. (is)

 

 

27

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan