Upayakan Good Governance, Pemprov Jateng Terapkan e-SHB

SEMARANG (Asatu.id) – Sebagai salah satu langkah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di Provinsi Jawa Tengah, penerapan aplikasi Elektronik Standar Harga dan Barang/Jasa (e-SHB) diharapkan mampu menjadi salah satu jawabannya.

Mulai 2019, setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah didorong menggunakan aplikasi e-SHB. Aplikasi itu memfasilitasi proses penyusunan harga standar barang dan jasa, mulai dari usulan harga barang dan jasa hingga menjadi Peraturan Gubernur (Pergub) Standarisasi.

Kepala Biro Umum Setda Jateng Edy Supriyanta mengatakan, dengan e-SHB, bisa memberikan kemudahan dalam proses penyusunan Pergub Standarisasi Harga Barang dan Jasa. Apabila penyusunan pergub bisa lebih cepat, lebih cepat pula sebagai pedoman SKPD dalam menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahunan.

“Jika berbasis aplikasi web, e-SHB 2019 dapat dipergunakan oleh seluruh SKPD seluruh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan mudah. Karena hanya membutuhkan koneksi internet. Tentunya bisa diakses setiap waktu, setiap tempat secara real time,” ujarnya, Selasa (20/3).

Edy menambahkan, E-SHB 2019 ini merupakan pengembangan aplikasi e-SHB dari versi sebelumnya yang kini lebih lengkap dan mudah digunakan, serta mampu meminimalisasi terjadinya banyak tindak korupsi.

“Misalnya mark up harga suatu barang. Selain itu, menjadi solusi bagi OPD yang selama ini kesulitan mempunyai data standarisasi harga barang dan belum tersedia secara online,” tukasnya. (is)

 

 

26

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan