Iswar Aminuddin: Kami Tak Segan Tindak Kontraktor Curang

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Semarang Iswar Aminuddin menanggapi adanya aspal bercampur plastik yang membuat jalan berlubang di Jalan Elang Raya, Semarang, Selasa (20/3).

“Kami sudah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan, sekaligus melakukan perbaikan,”tegasnya.

Iswar menambahkan, soal aspal yang bercampur plastik ini masih akan diteliti lebih lanjut lagi.

“Kalau dicampur dengan aspal saat pemasakan, pasti plastiknya hancur karena dimasak dengan suhu sampai 400 derajat Celcius,” ujarnya.

Iswar mengungkapkan, hal ini terjadi kemungkinan karena plastiknya bercampur pada saat penghamparan aspal yang tidak disengaja oleh kontraktor pelaksana, apalagi jadi strategi untuk mengurangi spesifikasi.

“Kemungkinan kontraktor pelaksana ‘bermain’ dalam pengurangan spesifikasi biasanya dari ketebalan aspal atau beton yang tidak sesuai, tetapi kalau untuk mencampur plastik kemungkinannya kecil,” tukasnya.

Biasanya, lanjut dia, kalau `bermain` di spesifikasi, bisa dilihat dari ketebalannya. Namun, dia mengaku mempunyai cara untuk mengeceknya, ketebalannya akan dihitung apakah sesuai spesifikasi.

“Kami tidak segan-segan menindak tegas jika ada kontraktor pelaksana yang bermain curang dalam pengerjaan proyek pembangunan, salah satunya dengan melakukan blacklist,” tandasnya. (is)

 

51

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan