Organisasi Bentuk Karakter Mahasiswa

SEMARANG (Asatu.id) Kompetisi bergengsi Aldakawanaseta Orienterring Competition (AOC) 2018 telah usai, empat organisasi dari universitas terkemuka dan dua dari tingkatan jenjang menengah berhasil meraih gelar juara dalam kompetisi yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Aldakawanaseta Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Kompetisi yang digelar sejak Jumat – Minggu (16-18/3/18) tersebut diikuti sekitar 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Terbagi sekitar 150 tim yang merebutkan 4 kategori yakni juara umum putra, juara umum putri , juara pelajar putra dan juara pelajar putri.

Kepala bidang Penyelenggaraan Pemuda Pusat Peberdayaan Pemuda dan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) Dwi Agus Susilo mengatakan organisasi kemahasiswaan yang ada di universitas akan membentuk karakter mahasiswa. Selain itu, pihaknya ingin pemuda Udinus memiliki karakter yang kuat.

“Organisasi saat menempuh bangku perkuliahan, itu sangat penting untuk mengasah skill yang akan dibutuhkan di dunia kerja nantinya. Melihat jumlah peserta yang membludak dibandingkan tahun lalu, kami yakin tahun mendatang peserta akan lebih banyak dibandingkan tahun ini,” ujarnya, Senin (19/3).

Menurutnya, Kemenpora terus berupaya membentuk pemuda Indonesia yang memiliki tiga ciri khas utama, tak terkecuali pemuda di Udinus Semarang. Ia mengingatkan kepada para peserta agar sebagai bagian dari organisasi pecinta alam harus memiliki karakter dasar yaitu tidak membuang sampah sembarangan.

“Karakter tersebut harus sudah menjadi hal yang mendasar dan dijunjung tinggi sebagai pemuda pecinta alam, demi menggerakkan masyarakat agar mencintai lingkungan dari hal kecil. Kami dari Kemenpora terus mendorong pemuda memiliki ciri khas seperti berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing,” jelasnya.

Rektor Udinus Edi Noersasongko menuturkan pihaknya terus mendorong agar para UKM di Udinus mampu menghasilkan prestasi yang dapat membanggakan kampus Udinus. Suksesnya penyelenggaraan yang digelar oleh UKM Aldakawanaseta dapat menjadi penyemangat bagi seluruh UKM di Udinus.

“Kami selalu memberikan penghargaan bagi para UKM yang mampu menghasilkan prestasi dari tingkat kota hingga Internasional melalui penghargaan beasiswa. Melalui kegiatan ini kami dapat lebih dekat dengan Kemenpora dan rencananya pada juli mendatang, Udinus akan menjadi tuan rumah Perbasi,” tuturnya.

Dalam kompetisi yang merebutkan juara umum putra untuk peringkat pertama diraih oleh Ainul Huda Al Haq dan Robil Mahesta dari organisasi Bramaharmadhika Universitas Sebelas Maret Surakarta, juara umum putri untuk peringkat pertama diraih oleh Eliesya Putri Wulandari dan Yuni Noor Hayati dari organisasi Metala Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Piala Kemenpora diperebutkan di dua kategori yaitu juara pelajar putra dan juara pelajar putri. Kategori Juara umum pelajar putra, untuk peringkat pertama diraih oleh Yoan Lokman Rizaldi dan Moch Faizal Zacky. Sedangkan untuk juara umum pelajar putri, peringkat pertama dimenangkan oleh Nofika Tri Kusumahapsari dan Salsabila Hamada. Semuanya dari SMAN 1 Karanganyar.

Sementara itu, peringkat pertama dari kategori juara pelajar putra dari SMAN 1 Karanganyar, Yoan Lokman Rizaldi mengatakan jika latihan keras yang selama ini dilakukan membuahkan hasil dan dapat menjadi kebanggaan bagi sekolahnya. Harapnya, kompetisi tersebut dapat terus diselenggarakan dan menjadi ajang latihan para pecinta alam di Indonesia. (is)

 

 

23

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan