Dinkes Tak Masalah Gedungnya Dibongkar Jadi Tempat Parkir

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, Widoyono mengatakan, pihaknya mendukung langkah pemkot yang akan membongkar gedung Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang di Jalan Pandaran Nomor 79 Semarang.

Rencananya di lokasi itu akan dibangun lagi gedung berlantai 10, yang akan digunakan sebagai Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang, Puskesmas, dan tempat parkir.

“Terus terang saya belum tahu dan baru mendengar dari teman wartawan. Kalau benar mau dibongkar dan dibangun lagi, saya senang dan menyambut baik. Apalagi nanti difungsikan juga untuk tempat parkir,” kata Widoyono, Senin (19/3).

Widoyono mengaku belum diberitahu walikota ataupun pihak lain soal rencana pembongkaran dan pembangunan gedung Dinkes itu. Jika nanti sudah diberi tahu tentu saja pihaknya harus melakukan persiapan, terutama mengumpulkan dokumen-dokumen penting untuk dipindah di tempat yang baru sambil menunggu selesainya pembangunan.

“Saya belum diberitahu Pak Wali. Kalau sudah pasti tentu kami harus berkemas untuk menempati tempat yang baru, meskipun sifatnya sementara,” tuturnya.

Rencananya gedung Dinkes itu akan dibongkar dan dibangun lagi menjadi gedung 10 lantai. Dari 10 lantai itu, yang lima lantai akan digunakan untuk tempat parkir sebagai upaya mengatasi kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas di kawasan Jalan Pandanaran.

Menurut Sekretaris Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Semarang, Irwansyah, pembangunan gedung baru itu nantinya akan menggunakan dana dari APBD Kota Semarang. “Pembangunan ini menggunakan APBD Kota Semarang dengan sistem kontrak multiyears 2018-2019. Nanti 2018 ini akan dilelang senilai kurang lebih Rp 85 miliar,” kata Irwansyah.

Saat ini, menurut Irwansyah, pihaknya mengaku masih memelajari sistem kontraknya, termasuk meninjau ulang Detail Engineering Design (DED). Sedangkan untuk Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), izin prinsip, dan lain-lain telah rampung.

“Kami masih diskusikan dengan ULP (Unit Layanan Pengadaan). Jangan sampai tahun ini dikerjakan tapi tahun selanjutnya tidak, itu kan malah berbahaya,” paparnya.

Setelah semua persiapan rampung, lanjutnya, pihaknya segera melakukan proses lelang. Rencananya proses lelang dilakukan akhir Maret ini. Sehingga pada Mei mendatang sudah mulai pembangunan yang dimulai dengan pembongkaran gedung lama.

Kawasan Jalan Pandanaran selama ini dikenal sebagai salah satu kawasan yang lalu lintasnya sering mecet. Penyebab kemacetan itu di antaranya banyaknya mobil yang parkir di depan gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang. Kemacetan akhirnya merambah sepanjang arah barat sampai traffic light Tugu Muda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *