PTS Jateng Wajib Aplikasi PIN

SEMARANG (Asatu.id) – Program Kemenristekdikti perihal Penomoran Ijazah Nasional (PIN), sudah  diaplikasikan oleh beberapa Kopertis di Indonesia. Sedangkan untuk Kopertis VI Jateng, ditarget dapat direalisasikan di 2018 ini.

“Terkait dengan PIN, Kopertis lain sudah yang ada mengimplementasikan. Untuk itu, perlu  kita programkan kegiatan bimbingan teknis kepada PTS terkait hal tersebut, dengan harapan di 2018 program PIN ini dapat terealisasikan,” kata Sekretaris Pelaksana Kopertis VI, Amsar, SHMM.

Menurut Amsar, program PIN merupakan upaya pemerintah dalam mencegah dan mengatisipasi adanya pemalsuan ijazah. “Dengan penomoran ijazah, kita akan memiliki nomor unit untuk setiap lulusan yang proses pembelajarannya mengikuti standar nasional pendidikan tinggi. Dengan penerapan PIN kita akan langsung konek otomatis dengan SIVIL (Sistem Informasi Verifikasi Ijazah Elektronik),” katanya.

Ia menjelaskan, jika telah memiliki PIN akan masuk ke SIVIL, sehingga tidak perlu lagi membuat legalisir ijazah, karena semua ijazah akan terlegalisir secara online.

23

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan