Pasar Semarangan Tinjomoyo, Atmosfer Baru di Hutan Kota

SEMARANG (Asatu.id) – Hutan wisata di tengah Kota Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik Semarang terlihat tak seperti biasanya, sore ini Sabtu (17/3) suasana hutan kota ini kembali ramai dengan kerumunan orang datang dari daerah sekitar bersama kawan, saudara dan keluarganya.

Meski diguyur hujan, namun tak menyurutkan antusias mereka hendak menikmati beragam jajanan tradisional yang tersedia di lapak-lapak bambu penjual kuliner. Adapun sesekali terlihat sekumpulan anak muda asyik berfoto selfie di beberapa spot menarik diantara pepohonan yang rindang.

Ya, Pasar Semarangan Tinjomoyo,rupanya telah digelar Pemerintah Kota Semarang menggandeng Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jateng, Kadin Kota Semarang dan Bank Negara Indonesia (BNI). Dengan atmosfer baru, Pasar Semarangan ini diyakini adalah pasar digital pertama di Indonesia yang mampu menjadi daya tarik wisata.

Juragan Pasar Semarangan Tinjomoyo, Mei Kristanti mengungkapkan, konsep Pasar Semarangan ini adalah sebagai wadah untuk seluruh pokdarwis di Kota Semarang supaya dapat mempromosikan lapak kuliner khas Semarangan atau produk-produk unggulan mereka.

“Mereka bisa menjual kuliner kuliner khas Semarangan yang selama ini tidak dijual di luaran dan lama tidak didengar masyarakat, seperti ada nasi ambeng, nasi jantung, nasi kethek dan banyak lagi, selain itu mereka bisa berkreasi membuat produk kuliner khas buatan mereka sendiri,” ungkapnya.

Untuk sistem transaksi, lanjut dia, pihaknya menargetkan setidaknya bisa tercapai sekitar Rp 50 juta dalam satu hari kegiatan itu dan dalam setahun kurang lebih menargetkan 2 Miliar transaksi di dalam pasar ini.

“Semua transaksi di sini memakai sistem digital yaitu non tunai atau cashless yang dibantu BNI dengan program Yap! dan tapcash. Harganya juga dibuat relatif murah supaya orang datang ke sini merasa asyik, nyaman dan murah,” pungkasnya.

Mei Kristanti menambahkan, meskipun baru berstatus soft opening, respon masyarakat sangat baik. Itu terlihat padatnya pengunjung setiap kali bertransaksi di tiap lapak yang telah tersedia.

“Setelah ini kita akan evaluasi supaya ke depannya lebih baik lagi dan 7 April mendatang kita akan resmi opening bersamaan dengan peluncuran Semarang Great Sale 2018. Setelah itu akan buka secara berkala setiap Sabtu mulai pukul 15.00 hingga pukul 21.00,” ujarnya.

102

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan