KPU Lakukan Gerakan Uji Publik Cek Data Pemilih

SEMARANG (asatu.id) – Setelah melakukan rekapitulasi data pemilih sementara (DPS) Pilgub Jateng 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah segera akan melakukan uji publik atau cek data pemilih. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Jateng Joko Purnomo, Sabtu (17/3).

”Jadi hasil rekapitulasi DPS ini akan diinformasikan ke RT/RW setempat dan ditindaklanjuti dengan gerakan uji publik atau cek DPS,” ujarnya.

Untuk mekanismenya, Joko menerangkan, setiap perwakilan keluarga akan dimintanya untuk melakukan pengecekan pada hasil rekapitulasi tersebut, apakah sudah sesuai dengan data sebenarnya atau belum. Jika belum, pihak keluarga tersebut bisa melaporkannya ke petugas uji publik.

“Semisal belum, nanti tinggal melakukan pelaporan dan langsung diminta untuk dimasukan ke dalam daftar pemilih,” imbuhnya.

Terkait waktu pelaksanaan, Joko menyebutkan, gerakan uji publik cek DPS tersebut akan dilakukan satu hari pada tanggal 27 Maret nanti.

”Satu hari selesai. contohnya, misl ada 300 pemilih, paling hanya ada 100 kepala keluarga, dan itu paling terdapat di 3 RT. Jadi setiap perwakilan keluarga akan bertemu dengan 3 ketua RT nya masing masing. Jadi sehari saja selesai,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *