Dinporapar Jateng Dukung Raperda Pemberdayaan Wisata Desa

SEMARANG (asatu.id) – Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Provinsi Jawa Tengah, Urip Sihabudin mengatakan pihaknya mendukung pembahasan raperda pemberdayaan wisata di wilayah pedesaan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jateng.

Urip menambahkan,s aat ini pun pihaknya terus melakukan upaya dalam mengeksplor potensi desa wisata yang ada di jawa tengah untuk peningkatan kunjungan wisata.

“Ada 551 titik daya tarik wisata yang tersebar di 35 kabupaten/kota yang didominasi wisata buatan, wisata alam dan wisata budaya,” ujarnya, Kamis (15/3).

Terkait dengan sumber daya manusia di desa, memang dibutuhkan upaya dan kerja keras agar masyarakat mampu ikut berperan aktif dalam mengembangkan desa wisata tersebut.

Sebelumnya, Komisi B DPRD Jateng akan mempercepat pembahasan raperda mengenai pemberdayaan wisata di wilayah pedesaan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan payung hukum terhadap desa wisata dan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng Yudhi Sancoyo mengatakan, raperda yang diinisiasi oleh Komisi B merupakan raperda yang pertama kali ada di Indonesia.

“Harapannya dengan perda tersebut menjadi payung hukum sehingga desa bisa mengembangkan potensi wisata desa yang pada akhirnya akan terjadi peningkatan pendapatan masyarakat desa,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. makaish buat info nya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *