SMK Tunas Harapan Ciptakan Inovasi Berbasis Komputer

SEMARANG (Asatu.id) – Belasan siswa-siswi SMK Telekomunikasi Tunas Harapan, Kabupaten Semarang, sukses menciptakan berbagai temuan inovasi berbasis komputer jaringan dan multimedia. Temuan tersebut dipamerkan di Telsa Expo 2018, yang digelar di halaman sekolah.

Layaknya McGyver era 90an, ide para siswa sukses dituangkan ke dalam suatu produk yang sangat bermanfaat. Mulai dari penyiram tanaman otomatis hingga kunci motor antimaling berbasis smartphone.

Kepala Sekolah SMK Telekomunikasi Tunas Harapan, Wisnu Handoko mengungkapkan, proyek inovasi yang diciptakan para siswa merupakan salah satu program belajar di sekolah. Selain mengasah keterampilan siswa, program tersebut bertujuan memberi ruang siswa untuk berkreasi di bidangnya.

“Dengan demikian anak-anak punya keterampilan, bisa untuk bekal nanti setelah lulus,” ujar Wisnu, Rabu (14/3).

Dikatakan Wisnu, dalam pameran kali ini ada 14 produk unggulan siswa yang dipamerkan. Dalam hal ini, sekolah memberikan kebebasan siswa untuk memilih serta memberikan fasilitas komponen dan bahan produk.

Setelah menentukan ide yang akan diambil, para siswa lantas diberi pengarahan untuk mempermudah proses pengerjaan produk.

“Ke depan program inovasi ini akan ada tiap tahun. Harapannya muncul inovasi-inovasi tak terduga dari para siswa,” pungkas Wisnu. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *