DPRD Apresiasi Langkah Pemkot Percepat Pelayanan Pajak secara Online

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah dan terobosan Pemkot yang mendorong percepatan penerapan pelaporan dan pembayaran secara online pada berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkot Semarang.

Selain penerapan pada pelaporan dan pembayaran pajak secara online, juga akan diberlakukan pada penarikan retibusi pasar atau e-retribusi dan penarikan parkir atau e-parking dengan parkir meter.

“Tujuannya bagus, kami sangat mengapresiasi langkah Pemkot yang berniat mempercepat proses pelayanan pembayaran secara online. Jika pengelolannya bagus, sistem ini bisa mengantisipasi adanya kebocoran baik pajak, retribusi maupun lainnya,” kata Supriyadi, Rabu (14/3).

Seperti diketahui, saat ini yang sudah menjalankan mekanisme online dengan teknologi i-tech yang diterapkan Pemkot baru wajib pajak hiburan, hotel dan restoran.

Walikota Hendrar Prihadi meminta kepada beberapa OPD dari 16 OPD yang ada di Pemkot Semarang, untuk segera menerapkan sistem tersebut. Ia menyebutkan, OPD yang memungkinkan segera menjalankan sistem online yaitu Dinas Perdagangan dan Dinas Perhubungan.

Dengan langkah yang diambil Walikota tersebut, Supriyadi berharap setelah ini lewat pembayaran pajak sistem online menghasilkan penerimaan pajak yang maksimal.

“Sudah sejak dua tahun lalu dilounching untuk perhotelan, restoran. Harusnya bisa memaksimalkan penerimaan daerah. Pajak itu mengikat dan sifatnya wajib dibayar oleh wajib pajak,” kata Supriyadi.

Politikus PDIP itu menekankan, pihaknya akan ikut mendorong dan mendukung agar semua sektor wajib pajak menerapkan online semua. Sebab langkah ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi kebocoran.

 

 

 

23

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan